Cara Memulai Bisnis Developer Properti untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Developer Properti untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Developer – Untuk Memulai Usaha sebagai developer properti diperlukan banyak hal pendukung. Salah satu yang dibutuhkan keterampilan komunikasi tersendiri. Kepandaian kita dalam berbicara dan mengekspresikan diri kita dalam memasarkan sebuah properti baik properti tanah maupun bangunan, adalah modal yang bisa membantu anda meraih sukses walaupun dana untuk membangun bisnis Anda masih terbatas.

7 Cara memulai bisnis Developer properti untuk pemula

Berikut ini disajikan 7 Cara memulai bisnis Developer properti untuk pemula mulai dari nol tanpa perlu memiliki dana besar untuk modal awal

1. Siap Action Mulai dari Nol

Banyak pelajaran penting yang bisa kita peroleh ketika Anda berani memulai bisnis dari awal mulai dari titik nol. Tidak dipungkiri, akan muncul banyak hambatan dan tantangan yang dihadapi saat kita masuk pertama kali dalam bisnis developer properti. Tetapi, ketika kita sukses, semua pengalaman yang didapat tersebut akan membentuk kepribadian dan sikap mental bisnis yang lebih kuat.

Sebagai pengusaha developer pemula yang terbatas pengalaman, kita sebaiknya mengamati beragam strategi dan inovasi yang biasa dilakukan oleh developer berpengalaman. Teknik Amati, Tiru dan Modifikasi (ATM) teknik teknik yang sudah terbukti yang bisa Anda terapkan untuk kesuksesan bisnis Anda.

2. Awali Usaha Mulai dari Lingkungan Anda

Pergaulan Anda perlu diperluas lagi agar informasi yang ada di sekitar Anda bisa terserap dengan baik, khususnya yang terkait informasi calon konsumen yang ingin membeli properti dan para pemilik lahan yang ingin menjual tanahnya. Selain itu, fokus Anda dalam mencarikan properti yang bagus agar hasilnya tidak sia-sia.

Sebagai langkah awal, Anda perlu memahami elemen – elemen nilai properti. Kumpulkan semua data – data properti dan informasi pasar yang sedetail mungkin. Ada beberapa hal yang penting untuk Anda ketahui, yaitu: tingkat permintaan, ketersediaan utilitas, informasi kompetitor, Cara promosi, dan manajamen administrasi (Contohnya perjanjian kontrak).

3. Selalu Melihat Iklan Properti dan Menarik minat calon Pembeli

Iklan promosi penjualan properti semakin lama semakin ramai, bukan hanya iklan pada koran atau surat kabar saja, tetapi sudah merambah ke semua media digital, termasuk iklan di media surat kabar online, website iklan properti dan di banyak macam aplikasi mobile. Apabila anda berharap mendapatkan peluang bisnis terbaik di sektor properti, rajin – rajin untuk selalu melihat iklan properti di berbagai media.

4. Jalin Kerjasama Awal dengan Para Developer

Langkah pertama sebelum menjadi seorang Developer Properti Anda harus memulai usaha dengan bekerja sama dengan Developer yang sudah sukses. Carilah sebanyak mungkin calon penjual dan pelaku bisnis properti (developer) untuk diajak bekerja sama. Buat skema kerja sama di atas hitam putih supaya lebih jelas dan memastikan tidak ada pihak yang dirugikan.

Setelah model kerjasama dibuat, tugas Anda berikutnya mencari pembeli yang tepat. Pada tahap inilah keahlian memasarkan produk properti diperlukan. Anda harus belajar memahami cara meyakinkan calon pembeli properti, sehingga ke depannya ketika Anda sudah memiliki produk properti sendiri Anda sudah memiliki banyak pengalaman

5. Selalu Memanfaatkan Sosial Media dan Aplikasi Online

Kegitan Marketing atau Pemasaran saat ini bisa dilakukan di mana saja tidak lagi terbatas waktu dan tempat. Anda bisa promosi di media sosial, seperti Facebook, Pinterest, instagram, Twitter, WhatsApp atau pun melalui Email Marketing. Walaupun Anda menjalankan bisnis usaha properti secara individu, Anda juga pelu untuk memiliki website sebagai alat atau media pemasaran online. Era mobile phone yang berkembang pesat saat ini, bila dimanfaatkan dengan baik akan sangat membantu meningkatkan usaha bisnis properti Anda.

6. Terus Menambah Ilmu dan Pengetahuan Bisnis Properti

Ilmu pengetahuan perlu diperluas lagi, semakin luas wawasan bisnis properti Anda semakin mudah Anda mengembangkan Bisnis Anda. Ada baiknya Anda mempunyai partner atau seorang mentor yang bisa membantu anda dalam menguasai seluk beluk bisnis developer propeti dan bisa menjawab pertanyaan seputar produk properti yang akan anda jual.

Jaringan pertemanan perlu diperluas dan keaktifan Anda dalam komunitas dibutuhkan untuk mendapatkan informasi baru dan wawasan berpikir Anda. Pelajari pula cara kerja bisnis yang ada di dunia investasi properti. Contohnya, apabila Anda ingin membeli rumah sebagai bentuk investasi dana Anda, pertimbangkan dahulu atau negosiasikan penawaran anda, misalnya Anda bisa ajukan 75% dari harga yang ada untuk biaya pembenahan dan perbaikan kondisi rumah yang ada. Perhatikan juga Analisis Arus Cash dan Operating Cash Flow yang ada.

Sebagai seorang pengusaha developer pemula dari dasar, Anda disarankan untuk menggali informasi – informasi terkini dengan mengikuti seminar bisnis properti, melakukan diskusi – diskusi dengan para developer atau pengembang yang sudah sukses, bisa juga untuk menambah ilmu dengan mencari informasi di internet, membaca buku – buku properti juga disarankan. Saat ini banyak sekali buku – buku panduan properti yang ditulis sendiri oleh orang yang sudah sukses menjadi developer properti.

7. Konsisten Menyisihkan Keuntungan sebagai Modal Usaha

Setiap kali Anda mendapatkan profit dari komisi atau dari selisih keuntungan penjualan, pastikan Anda untuk selalu menyisihkan hasil tersebut untuk diinvestasikan dan untuk memperbesar skala usaha Anda ke depannya. Jangan lupa untuk juga menyisihkan sebagian keuntungan untuk sosial atau amal. Dengan membagikan rejeki, jalan Anda untuk sukses pun akan dilancarkan oleh Tuhan.

Demikian Tujuh Cara Memulai Bisnis Developer Properti untuk Pemula. Jika Anda terapkan dengan sungguh – sungguh tentu akan membantu mempercepat kesuksesan bisnis Anda. Semoga.