Cara Mudah Mengatur Keuangan untuk Usaha Kecil

Cara Mudah Mengatur Keuangan untuk Usaha Kecil

Cara Mudah Mengatur Keuangan – Akhir – akhir ini, banyak sekali masyarakat yang menekuni aneka usaha kecil untuk menambah pendapatan atau penghasilan. Yang patut disayangkan, masih banyak pelaku usaha yang belum terlalu menyadari pentingnya pengaturan atau pengelolaan keuangan untuk menjalankan usahanya.

Inilah Cara Mudah Mengatur Keuangan untuk Usaha Kecil

Kadangkala, mereka masih juga mencampur aduk keuangan antara keuangan pribadi dan keuangan usaha. Ini adalah kesalahan besar yang terus menerus terjadi sehingga menyebabkan keuangan usaha sulit berkembang. Strategi jitu dalam mengelola keuangan menjadi faktor krusial yang harus diperhatikan dalam menjaga kestabilan dan meningkatkan level usaha kecil ke arah yang lebih baik.

Dikutip dari jurnal.id, berikut ini 5 Cara mudah mengatur keuangan untuk Usaha kecil yang bisa dilakukan semua orang.

Lakukanlah Perencanaan Umum

Bagi Anda yang baru terjun dalam usaha kecil, mulailah dengan perencanaan umum untuk usaha. Apa sajakah program dan rencana usaha dalam satu periode panjang ke depan, setelah itu bagilah perencanaan tersebut dalam beberapa waktu atau periode pendek seperti triwulan, bulanan, atau bahkan bisa juga mingguan.

Lakukanlah semua perhitungan secara mendetail mengenai kebutuhan dana usaha untuk menjalankan program/ perencanaan tersebut. Selain itu, tentukan pula kapan program tersebut dilaksanakan.

Buat Perencanaan Pendapatan Usaha

Cara yang kedua adalah bagaimana membuat rencana pendapatan. Perkiraan pendapatan ini harus bisa memenuhi kebutuhan modal yang sudah direncanakan di awal. Tahap awal, mulailah dengan bagaimana rencana Anda dapat mendatangkan pendapatan dari usaha yang dijalankan.

Bisa mulai dari mengidentifikasi beberapa produk yang akan dijual, target penjualan yang diinginkan, strategi apa saja yang digunakan dalam mencapai target penjualan, sampai pada memastikan bagaiamana setiap penjualan yang dihasilkan menghasilkan profit/ keuntungan.

Buat Perhitungan Budget Secara Rutin

Ini adalah bagian terpenting dari cara mengatur dan mengelola keuangan usaha, yaitu membuat budgeting. Fungsi Budgeting adalah sebagai batasan untuk menilai kinerja dan efisiensi usaha. Dengan menyusun budgeting yang bagus, Anda akan membuat pembatas yang efektif untuk membantu membatasi pengeluaran sesuai peruntukan yang sudah ditentukan sebelumnya.

Setelah menyusun anggaran untuk periode ini, lakukan selalu budgeting secara terus menerus atau  berkesinambungan. Pintar pintarlah menyesuaikan setiap budget Anda  dengan kondisi dari periode waktu yang ada. Penting untuk gunakan pula review budgeting untuk usaha kecil dari periode sebelumnya, fungsinya agar Anda memiliki gambaran yang lebih lengkap dan menyeluruh dari sebelumnya.

Awasi Selalu Arus Kas Keuangan

Dalam menjalankan  usaha, Anda perlu untuk selalu mengawasi arus kas keuangan secara periodik atau berkala. Kadangkala, arus kas keuangan bisa menjadi hal yang sulit dilakukan oleh setiap pelaku usaha karena memerlukan tingkat ketelitian yang cukup tinggi. Jika Anda merasa kesulitan mengawasi arus kas keuangan usaha Anda, Anda dapat jgua menggunakan jasa administrator profesional untuk mengontrol arus kas keuangan dan menetapkan langkah – langkah prosedur keuangan terbaik.

Di samping itu, Anda juga sebaiknya paham dalam menggunakan software akuntansi. Jurnal merupakan salah satu software akuntansi online yang dapat Anda gunakan untuk bisa mengontrol aliran kas keuangan hingga mampu membuat laporan arus kas dengan sangat mudah, cepat, dan menyajikan data terbaik secara realtime.

Gunakan Laba yang ada untuk Pengembangan Usaha

Satu hal  yang membedakan pengusaha sukses dan pengusaha yang kurang sukses adalah pada kemampuan mereka dalam menikmati hasil jerih payah usahanya. Memang Anda berhak untuk menikmati hasil dari semua kerja keras Anda, namun ada baiknya jika tidak menghabiskan semuanya begitu saja.

Langkah baik yang bisa dilakukan adalah menggunakan uang dari keuntungan untuk pengembangan usaha agar usaha Anda menjadi lebih besar dan lebih menguntungkan lagi. Investasi yang tepat ke bidang-bidang yang menguntungkan misalnya menambah armada usaha, penambahan produk usaha, atau penambahan cabang usaha baru dll. Jika semuanya dilakukan secara tetap sasaran maka peluang  Anda menjadi pengusaha yang sangat sukses terbuka lebar.

Demikianlah Lima cara yang bisa Anda lakukan dalam mengatur keuangan untuk usaha kecil Anda.  Semua kesuksesan usaha hanya akan tercapai dengan niat, berpikir positif, selalu optimis, kerja keras yang terus menerus dan pantang menyerah. Semoga.

___________________________